WEBMINAR SAMBA “Transformational Leadership, Be a Great Muslim Scientist”

Virus Corona tetap menjadi wabah yang belum menemui titik akhir di Indonesia dan beberapa negara lain. Jumlah kasus penyakit COVID-19 terus bertambah dengan beberapa melaporkan kesembuhan, tetapi tidak sedikit yang meninggal. Oleh karena itu, Kita sebagai para pemuda Islam harus mempunyai sikap yang cemerlang dalam menyikapi wabah ini sesuai dengan pandangan Islam.

Salah satu dampak dari wabah virus corona adalah kegiatan belajar mengajar (KBM) dan kegiatan lain pada tingkat sekolah dan universitas dilakukan secara daring. Banyak ditemui problematika dalam sistem pembelajaran daring, yakni minusnya partisipasi mahasiswa dalam kegiatan keorganisasian kampus, kegiatan praktik, dan KBM secara langsung diawal perkuliahan. Hal tersebut dapat berdampak kepada kurangnya semangat mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan perkuliahan, lemahnya pemahaman yang dimiliki mahasiswa baru tentang keorganisasian dan kepemimpinan yang sangat berguna mendukung kesuksesan selama berproses dalam dunia pendidikan tingkat tinggi. Dikarenakan pandemi ini yang mengharuskan mahasiswa untuk berdiam diri di rumah, mahasiswa baru akan sangat sulit mendapatkan pemahaman tentang kepemimpinan dalam organisasi.  Namun, mahasiswa baru dapat mendapatkan pemahaman tentang kepemimpinan dan meningkatkan semangat mahasiswa baru dalam mengikuti perkuliahan dengan adanya kegiatan seminar online

Berdasarkan urgensi diatas, Kreativitas Islam MIPA akan menyelenggarakan kegiatan “Webinar : Sambut Mahasiswa Baru” dengan tema “Transformational Leadership, Be a Great Muslim Scientist” guna memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru tentang kepemimpinan transformasional dan hubungannya dengan kesuksesan dalam dunia pendidikan dan keislaman serta diharapkan mahasiswa baru dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam kegiatan ini Kegiatan Webinar : Sambut Mahasiswa Baru dilaksanakan pada tanggal 14 November 2020 di platform online Zoom. Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru FMIPA 2020. Pada kegiatan tersebut menghadirkan pemateri-pemateri yang tidak hanya berprestasi dalam hal akademik, namun juga memiliki wawasan keislaman yang baik dan kepemimpinan yang mumpuni. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi dari pemateri pertama, dimana pemateri pertama merupakan trainer handal dalam bidang pelatihan manajemen dan motivasi dan juga penulis buku-buku manajemen dan motivasi dengan perspektif syari’ah. Pada sesi tersebut dijelaskan bahwa model kepemimpinan transformasional islam dalam organisasi. Sesi yang selanjutnya adalah pemaparan materi kedua yang diberikan oleh seorang pemateri yang menjadi founder dari sebuah yayasan di wilayah Batu  dan merupakan praktisi digital marketing. Pada sesi tersebut dijelaskan kepemimpinan transformasional dalam kehidupan. Di akhir sesi dibuka kesempatan kepada peserta untuk bertanya. Jumlah peserta yang hadir mencapai 200 mahasiswa baru Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.

Leave a comment